Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Niat Puasa Ramadhan 1442 H Beserta Lafadz dan Artinya

Niat Puasa Ramadhan Beserta Lafadz dan Artinya - Puasa Ramadhan merupakan puasa wajib yang dilakukan selama 29 atau 30 hari penuh dibulan Ramadhan. Melakukan puasa di bulan Ramadhan merupakan wujud pelaksanaan dari rukun islam yang ke empat sesuai perintah Alloh SWT dalam Al Qur’an Surat Al Baqarah ayat 183. puasa Ramadhan Wajib dilakukan dengan niat puasa ramadhan yang baik dan benar agar diterima oleh Alloh SWT.

Niat Puasa Ramadhan
Niat Puasa Ramadhan


Sebagai muslim yang beriman melaksanakan puasa Ramadhan hukumnya wajib, dan bila ditinggalkan akan mendapatkan dosa besar. Selain niat yang baik dan benar anda juga harus melaksanakan puasa Ramadhan dengan tata cara dan syarat wajib yang sesuai. Ada beberapa hal yang dilarang untuk dilakukan ketika puasa ramadhan. Berikut ini akan dijelaskan secara rinci.


Pengertian Puasa Ramadhan


Menurut bahasa arab puasa ramadhan disebut dengan saum atau siya yang memiliki arti menahan (imsak)dari segala macam hal. Sedangkan menurut istilah syara puasa adalah menahan diri dari segala sesuatu yang dapat membatalkan puasa seperti makan, minum serta jima. Mulai dari terbit fajar hingga terbenam matahari disertai dengan mengucapkan niat puasa Ramadhan dan syarat tertentu.


Baca Juga: Doa Buka Puasa Ramadhan 1442 H Lengkap Dengan Artinya


Sebagai hamba alloh yang beriman menjalankan puasa di bulan Ramadhan hukumnya wajib. Hukum wajib puasa untuk umat muslim yang sudah baligh, berakal tidak haid dan tidak nifas untuk wanita. Kewajibana melaksanakan puasa Ramadhan  sangat jelas tertulis di Al Qur’an surat Al Baqarah ayat 183.


Lapadz Niat puasa Ramadhan


Mengucapkan niat untuk berpuasa Ramadhan dengan lisan merupakan rukun puasa ramadhan yang wajib untuk dilakukan di malam hari sebelum terbitnya fajar. Oleh karena itu untuk anda yang akan melaksanakan puasa Ramadhan harus mengetahui dan hafal lafadz bacaan niat puasa ramadhan.


Berikut ini adalah bacaannya :


نويت صوم غد عن اداء فرض شهر رمضا ن هده السنة لله تعا لى


“ Nawaitu shouma godin an’ada’i Fardhi syahri romadhona hadzihi sanati lillahi ta’aalla”.

Artinya : saya niat berpuasa di esok hari untuk menunaikan fardhu di bulan Ramadhan tahun ini karena Alloh ta’ala.


Tetapi ada juga niat yang bisa  di baca untuk puasa satu bulan:


نويت صوم ثهر رمضا ن كله


“ Nawaitu Shouma syahri romadhona kullihi”.


Artinya : saya niat berpuasa satu bulan semuanya.


Tetapi lebih afdol lagi jika niat yang pertama dibaca setiap hari untuk niat yang kedua sebagai alternatif jika kita lupa membaca niat (untuk niat yang kedua di baca di awal bulan Ramadhan). Karena Rasulullah SAW pernah bersabda jika tidak melakukan niat puasa sebelum fajar sebagai tanda dimulainya puasa maka tidak ada puasa baginya.


Itulah informasi mengenai niat puasa ramadhan yang menjadi rukun puasa dan wajib untuk dilakukan. Semoga informasi yang diberikan dapat berguna untuk anda yang membutuhkannya.


Pencarian yang banyak dicari:

  • niat puasa ramadhan dan artinya
  • niat buka puasa
  • niat puasa ramadhan yang benar
  • tuliskan niat puasa ramadhan beserta artinya
  • niat puasa ramadhan hari ini
  • niat sahur puasa ramadhan
  • doa berbuka puasa beserta artinya
  • doa niat puasa dan buka puasa

Posting Komentar untuk "Niat Puasa Ramadhan 1442 H Beserta Lafadz dan Artinya"