Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Cara Upgrade Android Xiaomi Redmi

3 Cara Upgrade Android Xiaomi Redmi
 3 Cara Upgrade Android Xiaomi Redmi

Cara Upgrade Versi Xiaomi Redmi


Supaya sebuah handphone android mempunyai performa yang maksimal karena itu dibutuhkan perangkat lunak yang mutakhir juga. Karena itu google dan perusahaan produsen hape sebagai partnernya dalam membuat handphone android terus lakukan penelitian buat mendapati formulasi yang pas buat hasilkan perangkat lunak yang bebas permasalahan (bug).


Sistem terkini diberi tambahan sejumlah fitur yang akansemakin mempermudah pemakainya dalam menjalankan perangkat mereka.


Sebenarnya, penyempurnaan perangkat lunak pada perangkat android umumnya dan xiaomi pada khususnya bisa didapat dengan 2 langkah yakni : mengambil langsung dari perangkat masing-masing atau download firmware (ROM) lebih dulu disitus resmi xiaomi en.miui.com selanjutnya menginstallnya lewat cara manual. Kadang karena bermacam hal tidak tersangka, sering terjadi kegagalan dalam lakukan instalasi, hingga dibutuhkan sistem lain pada proses instalasi ROM.



Ada tiga cara yang bisa Kamj pakai untuk tingkatkan versi android hape Xiaomi type Apa saja baik itu Redmi 3, Redmi 5 atau seri Note.


Sedang untuk bahan uji coba pada artikel ini saya memakai Redmi 4X yang awalnya menjalkankan Android Marshmallow untuk di Up-grade ke Versi Nougat. Tentu saja dengan balutan antar muka MIUI 9 bila ingin jalankan yang versi Stabil atau MIUI 10 yang ingin mencoba versi Developer.


Cara 1. Upgrade Android Secara Online (Over The Air)


Istilah Over The Air (OTA) tujuannya ialah kita download ROM terkini langsung dari perangkat xiaomi dengan terhubung menu penyempurnaan yang ada di tiap perangkat xiaomi.


Triknya, membuka menu : Setelan / Tentang Hp / Pembaruan Sistem / Periksa Pembaruan. Jika ada penyempurnaan piranti lunak terkini, anda tinggal mengikut perintah yang diberi yaitu mengeklik tombol up-date (perbarui).


Karena ukuran file yang perlu diunduh lumayan besar yaitu seputar 1,5 GB, anda sebaiknya memakai jaringan Wifi (yang kuat tentu saja) saat download file up-date.


Mengapa…?


Karena jika anda memakai jaringan mobile, data yang dibutuhkan lumayan banyak (tidak apa-apa jika paket data internet anda berlimpah).


Disamping itu, proses unduh agak lebih lama karena bergantung keadaan jaringan provider internet yang anda pakai.


Bukan hanya itu permasalahan yang akan diketemukan jika anda nekad unduh penyempurnaan android dengan data mobile, karena download memakai data akan membuat hape cepat panas hingga menguras daya baterei bisa lebih cepat. Karena itu pastikan keadaan baterei pada keadaan penuh 100%.


Persyaratan lain supaya bisa meng-install paket permbaruan mekanisme minimal diperlukan 2 GB ruangan kosong pada ruangan penyimpanan internal dan keadaan daya baterei minimum 30%.


Bila tidak penuhi ke-2 persyaratan itu karena itu proses install tidak dapat dilaksanakan.


Sistem OTA ini benar-benar gampang digerakkan, tetapi ingat data internet yang dipakai lumayan banyak dan tidak seluruhnya orang punya jaringan Wifi yang kuat, sebaiknya untuk anda untuk menimbang pilihan ke-2 yaitu Cara manual.


Cara 2. Upgrade Android Xiaomi Secara Manual

Yang saya tujuan sistem manual ialah firmware atau ROM terkini kita unduh manual lebih dulu. Unduhnya juga bebas darimana saja, langsung bisa dari Hape atau dari computer bila anda tidak punyai paket data cukup buat download File up-date.


Yang penting anda ingat ialah, unduh ROM MIUI yang sesuai Type Hape dan Type ROM yang sekarang ini perangkat anda pakai. Karena jika berlainan, karena itu proses instalasi tidak dapat dilaksanakan atau mungkin saja stop ditengah-tengah jalan yang peluang akan membuat hape jadi Bootloop.


Cara Check Versi Android Xiaomi

Sama seperti yang telah disebutkan diawalnya barusan, untuk jalankan proses Up-grade Android pada hp Xiaomi anda pastikan ROM MIUI yang akan diunduh sesuai Type Hape dan Versi Android dan MIUI yang sekarang ini sedang anda lakukan.


Bagaimanakah cara unduhnya…?


Pertama datangi https://en.miui.com

Click tombol MIUI 9 yang ada disamping kanan, lalu anda akan ditujukan kehalaman unduh ROM untuk tiap-tiap perangkat. Di sini anda tak perlu bingung bila ROM MIUI bukan hanya ada untuk perangkat xiaomi saja tetapi juga ada untuk merek hape lain seperti Samsung, Motorola, Oppo, HTC dan lain-lain. Untuk mulai download ROM anda cuman hanya click "All Device" lalu scroll monitor perangkat kebawah dan dapatkan merek dan type hape yang anda pakai.


Bila saya ingin download ROM untuk ponsel Xiaomi lain, bagaimanakah cara ketahui type ponsel yang saya pakai. Untuk ketahui type perangkat, anda dapat menyaksikan box (kemasan) perangkat anda dan tentu ada. Tetapi jika anda membeli barang bekas, anda bisa buka menu : Setel / Tentang Hp.


Disitu anda bisa menyaksikan Nomor Model perangkat anda misalkan Redmi 4X, Redmi 3, Redmi 3S, Redmi 5A dan lain-lain. Disamping itu ada info versi android yang anda pakai sekarang ini dan type ROM (Versi MIUI).


Dengan info ini karena itu saat anda ingin download ROM yakinkan sudah sesuai type ROM yang dipakai saat ini (Stabil atau Developer), misalkan :Versi Android 6.11 dengan Versus MIUI : MIUI 8 Global 8.2 Stabil atau MIUI 8.2 Beta untuk Developer ( angka yang tertera cuman contoh saja).


Sesudah bertemu langsung click saja lalu anda akan dibawa kehalaman unduh firmware untuk perangkat xiaomi anda. Ada dua opsi firmware yang akan diberi yakni : Global ROM dan Chinese ROM. Dua ROM ini dibagi kembali jadi dua versi yakni : versi Stabil (direkomendasikan) dan versi Developer yang diperuntukkan untuk beberapa developer (pengembang).


Ketidaksamaan di antara ROM versi Global dan China berada pada kehadiran program Google.


Seperti kita kenali, di china Google telah ditendang dan produk mereka dilarang, hingga pada ROM China tidak anda dapatkan Playstore, Gmail, Google Maps dan lain-lain, tetapi ditukar produk semacam yang ditingkatkan developer dalam negeri China sendiri. Untuk meng-install program google pada ROM China, anda membutuhkan program Google Installer.


Google installer ialah program yang akan meng-install Google Playstore pada piranti Xiaomi dengan ROM China, sesudah Plasystore terinstall anda tinggal unduh program google lain seperti piranti android biasanya. Sedang ROM Global tentunya kontradiksi dari ROM china di mana semua program Google telah nongkrong dan jadi sebagai program standar.


Lalu…apa ketidaksamaan ROM versi Stabil dan Developer…?


Ketidaksamaan di antara ROM Stabil (Stable) dan Developer (Beta) ialah pada perform dan agenda up-datenya.Untuk kepentingan perform ROM Stabil lebih bagus, karena hamper semua BUG yang ada sudah diperbarui secara optimal. ROM versi stabil benar-benar disarankan buat anda pemakai handphone android harian yang tidak suka oprek mekanisme.


Untuk ROM Developer (Beta) bisanya memperoleh agenda up-date MIUI bisa lebih cepat beberapa waktu daripada versi Stabil (seperti kasus MIUI 9 kemarin), tetapi ROM ini mempunyai kekurangan berbentuk ada banyak bug. Maklum jika dalam operasionalisasinya ROM Developer kerap Jatuh, karena ROM ini masih juga dalam periode peningkatan selanjutnya.


ROM versus Developer teratur mendapatkan up-date tiap minggu persisnya di hari Jum'at. Sesudah anda tentukan ROM yang anda butuhkan, silakan unduh filenya selanjutnya tempatkan pada memory intern tanpa ditempatkan di dalam folder kembali supaya gampang dicari saat lakukan instalasi.


Untuk meng-install ROM yang sudah diunduh membuka menu : setel / tentang hp / penyempurnaan sistem. Tujukan perhatian anda ke sudut kanan atas di bawah ikon baterei, ada tombol berbentuk tiga buah titik untuk tampilkan pilihan seterusnya dari menu penyempurnaan sistem. Bakal ada 5 biji opsi yaitu : ambil penyempurnaan, tentukan paket penyempurnaan, penyempurnaan automatis, mulai ulangi ke model pemulihan (Recovery) dan apa yang baru.


Karena kita telah mempunyai file up-grade yang dibutuhkan karena itu kita pilih pilihan ke-2 yaitu " Tentukan paket penyempurnaan ". Tentukan pilihan itu lalu mencari file yang sudah diunduh barusan dengan program Mi File Manajer dan click file yang diartikan lalu pencet " OKE". Yakinkan anda tersambungsi internet karena saat sebelum diinstal file akan diverifikasi lebih dulu. Kemudian akan tampil tombol perbarui yang maknanya ROM siap untuk diinstal.


Sesudah proses instalasi usai seterusnya perangkat lakukan restart untuk memperbaiki proses instalasi sistem baru. Tetapi kadang, ke-2 proses di atas mengalami kebuntuan karena perangkat menolak untuk meng-install ROM.


Lalu bagaimanakah solusinya…?


Seperti orang jika sudah gunakan langkah lembut seperti dua sistem di atas tetapi tidak mempan, karena itu cara seterusnya kita memakai langkah kasar. Langkah kasar yang diartikan dengan memasanglnya lewat CustomRecovery pihak ke-3 seperti TWRP.


Cara 3. Up-grade Android Memakai Kustom Recovery TWRP


Meng-install Kustom Recovery seperti TWRP ada beberapa manfaatnya walau ada pula risikonya seperti kerusakan perangkat (jarang ada) dan hangusnya garansi.


Manfaat Meng-install TWRP pada perangkat Xiaomi :


  1. - Mempermudah kita lakukan penginstalan ROM terkini atau beralih ROM misalkan dari ROM Stabil ke versi Developer atau sebaliknya;
  2. - Mempermudah kita meng-install kustom ROM ;
  3. - Memungkinkan kita lakukan Rooting pada perangkat hingga anda bisa mengoprek sistem ;
  4. - Mempermudah kita mengisntal program tertentu seperti Dolby Atmos supaya kualitas audio semakin jernih dan kuat atau program tweak sistem seperti Xposed ;
  5. - Mempermudah kita bersihkan sistem dari file cache dan sampah yang kadang tidak dapat dihapus lewat program pencuci bawaan Xiaomi ;
  6. - Mempermudah kita lakukan Back up ROM dan merestorenya kembali tanpa perlu flash ulangi.

Permasalahannya, Agar bisa meng-install TWRP ada ketentuannya yakni : piranti xiomi sudah Unlock Bootloader, dengan mengirimi permintaan unlock ke faksi Xiaomi lebih dulu.


Lantas bagaimanakah tepatnyacaraUnlock Bootloader dan install TWRP tersebut..?


Saya tidak menerangkan langkah Unlock Bootloader dan install TWRPkarena artikel ini bisa menjadi panjang. Untuk keterangan mengenai langkah unlock bootloader tutorialnya dapat anda baca pada artikel di bawah ini mengenai langkah unlock bootloader dan di sini untuk install TWRP yang sudah diterangkan dengan benar-benar komplet.


Sesudah bootloader terbuka dan TWRP terinstall, waktunya eksekusi meng-install ROM baru memakai Kustom Recovery TWRP. Masuk di TWRP dengan memencet tombol " Volume Up + Power " dan tahan, tunggu hingga perangkat bergetar lalu bebaskan.


Bila malas mematikan perangkat, anda dapat masuk TWRP dengan masuk menu : Setel / Tentang Perangkat / Penyempurnaan Sistem. Sama seperti yang sudah diterangkan diawalnya barusan, click titik tiga di sudut kanan atas untuk terhubung opsi seterusnya, lalu tentukan pilihan yang ke-4 yaitu " Mulai Ulangi Ke Model Pemulihan " selanjutnya click tombol mulai ulangi saat ini.


Ada 8 buah menu yang diberi yaitu : Install, Wipe, Backup, Restore, Mount, Seting, Advance, dan Reboot. Karena kita akan meng-install ROM, langkah awal kita membersihkan dulu sistem yang dipakai sekarang ini dengan lakukan Wipe Cache dan Dalvik / ART Cache. Triknya, click menu WIPE, Advance View lalu contreng ART/Dalvik Cache dan Cache lalu Swipe untuk eksekusi.


Kenapa ini perlu…?


Dari beberapa keterangan yang saya bisa, lakukan Wipe data dan Cache kurangi berlangsungnya Error di saat proses install ROM baru, karena itu tidak ada kelirunya untuk digerakkan.


Seterusnya..


Pencet tombol back dan kembali pada menu khusus, click menu install, mencari file up-date yang akan kita install dan swipe untuk eksekusi. Proses instalasi cukup sedikit lama, apa lagi saat proses sudah capai 90%. Sesudah usai, Reboot / Restart piranti dengan mengeklik tombol Reboot dan tentukan Reboot ke Sistem. Dengan begitu proses up-grade sudah sukses dilaksanakan.


KESIMPULAN


  1. - Melakukan up-grade perangkat lunak android pada handphone Xiaomi anda itu perlu sekali, bukan hanya sekedar untuk bertukar versus android dari Android A ke B, tetapi dalam setiap edisinya, Google dan rekannya seperti Xiaomi terus usaha jadikan piranti anda makin cepat performanya dan diimbangi dengan menambah feature yang tidak ada di versus awalnya.
  2. - Langkah lakukan up-grade dapat dengan 2 langkah, lewat OTA dan Manual, untuk anda yang tidak mau bermasalah dengan istilah aneh seperti Bootloader, Unlock, kustom Recovery dan lain-lain disarankan jalankan up-date lewat OTA.

Jika anda menganggap bermanfaat artikel ini, tentunya anda akan senang dengan artikel saya ini Langkah Up-grade Android Handphone Samsung.

Posting Komentar untuk " 3 Cara Upgrade Android Xiaomi Redmi"